Sehubungan dengan berkurangnya waktu untuk melakukan Ujian/Sidang LTA, Skripsi, Thesis atau Disertasi dalam rangka  wisuda periode ke-94 Juni 2021 selama 3 hari (12 – 14 Mei 2021) karena libur Idul Fitri Tahun 2021, kami memperpanjang pendaftaran online wisuda periode ke-94 yang semula berakhir tanggal 21 Mei 2021 menjadi s/d 27 Mei 2021. Kami informasikan juga bahwa batas penyerahan berkas wisuda dari mahasiswa ke Sub. Bagian Evaluasi Pembelajaran Bagian Pembelajaran Biro Perencanaan, Pembelajaran, dan Kemahasiswaan paling lambat tanggal 28 Mei 2021 Pukul 13.00 WIB

Mohon agar Peserta Wisuda Periode Ke-94 dapat join ke group telegram di link Berikut https://t.me/joinchat/M0uLCCiD1jE3ZWI1

P E N G U M U M A N WISUDA PERIODE KE-94 23 Juni 2021

  1. Upacara Wisuda akan dilakukan secara daring (Media Zoom) pada hari Rabu, 23 Juni 2021 Pukul 08.00 WIB s.d Selesai (Link Zoom akan diberitahukan lewat telegram group wisuda)
  2. Gladi Resik dilakukan secara daring (Media Zoom) pada Selasa, 22 Juni 2021 Pukul 13.00 WIB s.d Selesai (Link Zoom akan diberitahukan lewat telegram group wisuda)
  3. Wisudawan pada saat wisuda daring wajib menggunakan toga lengkap seperti wisuda biasanya dan didampingi orang tua atau wali dengan pakaian yang rapi dan sopan.
  4. Pengambilan Toga dan Samir dapat dilakukan Sesuai Jadwal (akan diumumkan segera)
  5. Semua Calon Wisudawan agar menginstall aplikasi Telegram agar bisa berkomunikasi di group telegram wisuda periode 94, dan mendaftarkan no handphone (aktif telegram dan WA) pada saat mendaftar aplikasi wisudaonline.

P E N G U M U M A N (PENTING DI BACA DENGAN SEKSAMA) PENDAFTARAN WISUDA PERIODE KE-94 JUNI 2021

Diberitahukan kepada calon peserta Wisuda Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu periode ke-94 Tahun 2021 bahwa :

  1. Waktu Pendaftaran Wisuda Online pada laman http://wisudaonline.unib.ac.id dari tanggal 19 April s.d 27 Mei 2021 dan Penyerahan Berkas Persyaratan Wisuda dan verifikasi Berkas oleh panitia wisuda  dilayani dengan mematuhi protokol COVID-19.
  2. Jika terjadi kegagalan pada saat melakukan pendaftaran online atau photo tidak terupload ke web http://wisudaonline.unib.ac.id, Anda dapat melaporkannya ke LPTIK Universitas Bengkulu.
  3. Penyerahan berkas wisuda, dan verifikasi data ijazah wisudawan tidak dapat diwakilkan (harus yang bersangkutan langsung) dan dilayani dengan mematuhi protokol COVID-19.
  4. Bagi calon wisudawan yang terlambat mendaftar sesuai poin (1) di atas dengan alasan apapun, tidak akan dilayani dan akan diikutsertakan pada wisuda periode berikutnya.
  5. Pembayaran Sewa Toga dapat dilakukan di Bank BNI dengan menunjukkan pengantar yang dapat dicetak dari laman http://wisudaonline.unib.ac.id (Bukti Pembayaran asli harap disimpan untuk ditunjukkan ke Bagian Dharma Wanita Lt. Dasar Rektorat Universitas Bengkulu pada saat pengambilan toga). Pembayaran Sewa Toga pada Dharma Wanita Unib tidak bersifat wajib, jika ingin membuat sendiri atau menyewa toga di tempat lain boleh dilakukan dengan syarat memenuhi kriteria toga dari Bagian Dharma Wanita UniB. Untuk Informasi dapat menghubungi Dharma Wanita UniB.
  6. Biaya Wisuda Non UKT (S1 dan Vokasi) sebelum angkatan 2013, Profesi dan Pascasarjana (S-2 dan S-3). Program Pascasarjana (S-2 dan S-3) dan Profesi  : Rp. 360.000,-; Program Sarjana (S-1) Reguler dan Non Reguler dan Vokasi (D-3) : Rp. 200.000,– (HANYA MAHASISWA YANG NON-UKT MEMBAYAR INI yang terdiri dari (S1 dan Vokasi sebelum angkatan 2013 dan mahasiswa Pascasarjana (S1 dan S2) dan Profesi (SEMUA ANGKATAN), MAHASISWA YANG SUDAH UKT (S1 dan Vokasi) angkatan 2013 dan setelahnya TIDAK MEMBAYAR BIAYA WISUDA).
  7. Pengambilan Toga dan Samir dapat dilakukan  di Bagian Dharma Wanita Lt. Dasar Rektorat Universitas Bengkulu Sesuai Jadwal (https://bit.ly/3dlW1JN)
  8. Wisudawan pada saat wisuda daring wajib menggunakan toga lengkap seperti wisuda biasanya dan didampingi orang tua atau wali dengan pakaian yang rapi dan sopan
  9. Gladi Resik  dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 22 Juni 2021 Pukul 13.00 WIB s/d Selesai  secara online (Media Zoom).(Link Zoom akan diberitahukan lewat telegram group wisuda).
  10. Upacara Wisuda dilaksanakan secara daring (Media Zoom) pada Rabu, 23 Juni 2021 Pukul 08.00 WIB s/d Selesai.(Link Zoom akan diberitahukan lewat telegram group wisuda).

Berkas Persyaratan Wisuda sbb:   

  1. Hasil Verifikasi Penomoran Ijazah Nasional (PIN) yang dilakukan oleh Operator Prodi PDDIKTI berupa Surat Keterangan Eligible PIN yang di tanda tangani oleh Bagian Akademik masing-masing Fakultas.
  2. Ijazah Sementara, Transkrip Akademik Sementara yang telah di legalisasi/diperiksa (bukan dilegalisir) oleh pejabat berwenang di Fakultas (Harus/Wajib di paraf oleh Kasubag Akademik dan Kepala Bagian dan yang bersangkutan wajib menunjukkan data KTP,KK,Akte dan Ijazah Terakhir) dan Form Biodata (Cetak dari http://wisudaonline.unib.ac.id); catatan : (Harap diperiksa dengan teliti nama,tempat lahir,tanggal lulus,IPK jumlah SKS, Kode Mata Kuliah,Nama Mata Kuliah,Nilai,Predikat, Photo dll, Jika Sudah Benar, bubuhkan paraf di setiap kriteria tersebut).
  3. Asli Kwitansi Pembayaran SPP/UKT Terakhir + Asli Bukti Bebas SPP (bagi calon wisudawan yang diusulkan Bebas SPP)
  4. Asli Kwitansi Pembayaran Wisuda dari Bank Negara Indonesia 1946 (BNI ’46); Pembayaran Uang wisuda langsung ke BNI ‘46 Kantor KAS Unib (di GSG Unib), Bagi Calon Wisudawan yang sudah dikenakan UKT, tidak dikenakan biaya wisuda.
  5. Asli Surat Pernyataan (Keterangan Bebas Administrasi) Fakultas masing-masing
  6. Asli Surat Keterangan Bebas Administrasi Perpustakaan Universitas (Bukti Menyumbang Buku dan Bukti penyerahan PDF ke Perpustakaan Universitas)
  7. Asli KTM (Saldo Uang di KTM (ATM BNI) tersebut harus dikosongkan terlebih dahulu dan setelah dikumpul jangan diisi kembali karena KTM tidak boleh diambil kembali).
  8. Fotocopy Akta Lahir dan Fotocopy Ijazah Terakhir masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar (dilegalisir), (dengan melampirkan Surat Keterangan dari sekolah/perguruan tinggi asal apabila terdapat kesalahan data pada Ijazah yang bersangkutan).
  9. Surat Pernyataan penggunaan data acuan ijazah akan menggunakan data yang mana (KTP,Ijazah terakhir atau Akta) mohon diperiksa dengan cermat dan teliti tanggal lahir dan nama anda yang benar). Unduh Contoh Format Surat Pernyataan di laman : https://bit.ly/PernyataanData
  10. Pas Photo Terakhir/ Photo Studio,  (Hitam Putih) untuk ditempel di ijazah dll :Ukuran 4 x 6 :  3 (tiga) lembarUkuran 2 x 3 :  4 (empat) lembar; Catatan : –  Pria : Jas (Polos Tanpa Atribut), Wanita : Nasional (Tidak Berbusana Transparan); tidak memakai kacamata (Cek kembali ukuran photo sebelum dikumpul dan tulis nama dan NPM di belakang photo tersebut);Tidak Menerima Pas Photo Kilat dan cetak dari warna ke hitam putih.
  11. Melampirkan copy Lembar Pengesahan Judul Disertasi, Thesis, Skripsi, LTA yang telah ditanda tangani oleh Pembimbing (Cek Kembali Judul dan tanggal lulus Pada Transkrip Sementara, harus sesuai dengan judul pada Lembar Pengesahan dan tanggal lulus anda)
  12. Melampirkan Surat Keterangan dari UPT Bahasa Universitas Bengkulu Telah Mengikuti TOEFL prediksi atau Sertifikat TOEFL bagi Mahasiswa Program Vokasi dan Sarjana atau Melampirkan Surat Keterangan dari UPT Bahasa Universitas Bengkulu dan masih berlaku yang menyebutkan telah Lulus Tes TOEFL prediksi dengan nilai minimal 400 bagi Mahasiswa Pascasarjana dan Profesi atau Sertifikat TOEFL (Photo copynya saja).
  13. Print Out Biodata pada pddikti yang bisa diakses di https://pddikti.ristekdikti.go.id/  atau https://forlap.ristekdikti.go.id/ dan Surat pernyataan (WAJIB DIBUAT UNTUK SETIAP PESERTA TANPA TERKECUALI) bahwa data yang ada di pddikti sudah benar dan jika belum benar akan segera diperbaiki sebelum diwisuda. (Anda wajib mengecek semua data yang ada di pddikti tersebut). Data yang harus anda cek di Pddikti adalah (NIK, Nama,Tempat Lahir,Jenis Kelamin,Nama Ibu,Tanggal Lahir,Agama,IPK,Status,Jumlah SKS)Untuk melihat Data Tempat dan Tanggal Lahir Serta Nama Ibu dan yang lainnya, anda dapat menemui Operator PDDIKTI Program Studi di masing-masing Fakultas AndaSebagai bukti bahwa data yang salah pada pddikti sudah diproses PDM (Perbaikan Data Mahasiswa) yang diajukan oleh Fakultas ke Wakil Rektor Bidang Akademik, Anda wajib melampirkan surat keterangan/pernyataan perbaikan data yang salah tersebut dari fakultas (copy annya saja)Peserta Wisuda Wajib Unduh contoh Surat Pernyataan dan Biodata pddikti (Lampiran) di laman : https://bit.ly/dataPDDIKTI
  14. Fotocopy KTP dan KK yang telah dilegalisir  sebanyak 1 lembar (Pada saat verifikasi berkas wajib menunjukkan KTP asli dan wajib mengecek kebenaran NIK (Nomor Induk Kependudukan), karena akan dimasukkan ke dalam Ijazah).
  15. DATA PADA KTP, KK, IJAZAH TERAKHIR (Nama,Tempat Lahir,Jenis Kelamin,Agama,Nama Ibu,Tanggal Lahir,Alamat) HARUS SAMA DENGAN DATA PADA PDDIKTI, JIKA TERDAPAT PERBEDAAN MAKA HARUS MEMPERBAIKI DATA TERSEBUT PADA DATA KTP/KK DI DUKCAPIL. DATA PADA KTP MERUPAKAN DATA ACUAN.
  16. Berkas-berkas tersebut disusun dengan kelompok-kelompok kemudian di staples sebagai berikut : Kelompok (1) masing-masing 1 rangkap disusun berurutan terdiri dari 1).Pas photo (2×3 dan 4×6) , 2). Surat Keterangan Eligible PIN, 3). Biodata Wisudawan Online, 4). Ijazah Sementara,5). Ijazah Terakhir,  6). KTP,  7). KK, 8). Akte Kelahiran; Kelompok (2) masing-masing 1 rangkap disusun berurutan terdiri dari 1). Transkrip Nilai, 2). Lampiran Judul LTA/Skripsi/Tesis/Disertasi; Kelompok (3) masing-masing 1 rangkap disusun berurutan terdiri dari 1). Asli KTM, 2).Surat Pernyataan penggunaan data acuan ijazah, 3).Surat Pernyataan PDDIKTI, 4).Print Out Biodata pada PDDIKTI, 5).Asli Kwitansi Pembayaran SPP/UKT Terakhir + Asli Bukti Bebas SPP, 6).Asli Kwitansi Pembayaran Wisuda, 7).Asli Surat Pernyataan (Keterangan Bebas Administrasi) Fakultas, 8).Asli Surat Keterangan Bebas Administrasi Perpustakaan Universitas, 9). Photocopy Sertifikat TOEFL
  17. Berkas dimasukkan ke dalam map kertas yang ditulis NPM, Nama, Prodi, Fakultas dan Homor HP/WA serta warna map per fakultas disesuaikan seperti dibawah ini : A FKIP : Putih E FP : Hijau B FH : Merah F FMIPA : Biru C FEB : Kuning G FT : Orange D FISIP : Coklat H FKIK : Ungu

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan.

HIMBAUAN KEPADA CALON PESERTA WISUDA MULAI PERIODE 94 DIHARAPKAN UNTUK DAPAT MENGUMPULKAN BERKAS SECEPAT MUNGKIN KARENA PELAYANAN VERIFIKASI BERKAS HANYA DILAYANI OLEH 1 (SATU) ORANG MAKSIMAL 30 ORANG PERHARI SETIAP JAM KERJA PENGUMPULAN BERKAS MULAI JAM 08.00 SAMPAI JAM 10.00 WIB

 

Sumber : https://wisudaonline.unib.ac.id/