Selamat Kepada Tim Dosen Jurusan Manajemen FEB UNIB yang telah berhasil mempublikasikan bukunya dengan judul “Orientasi Kewirausahaan dan Kebijakan Pemerintahan dalam Mempengaruhi Pemasaran Digital pada Kinerja UMKM di Indonesia”.
Buku berjudul “Orientasi Kewirausahaan dan Kebijakan Pemerintahan dalam Mempengaruhi Pemasaran Digital pada Kinerja UMKM di Indonesia” mengupas tuntas bagaimana media sosial, orientasi kewirausahaan, dan kebijakan pemerintah dapat meningkatkan kinerja UMKM.
Orientasi kewirausahaan dan kebijakan pemerintah diyakini berperan terhadap pengaruh media sosial dengan kinerja UMKM. Hal ini dikarenakan orientasi kewirausahaan merupakan cara terbaik yang dilakukan oleh perusahaan untuk bersaing di pasar dan bagaimana mencapai kinerja yang unggul. Orientasi kewirausahaan diperlukan UMKM dalam memilih dan menetapkan strategi agar dapat digunakan untuk menghadapi persaingan. Begitu juga dengan kebijakan pemerintah seperti penguatan, pelatihan, fasilitasi teknologi pemasaran dapat berdampak terhadap peningkatan kinerja bisnis UMKM.
Tulisan di dalam buku ini diangkat dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis. Penelitian dilakukan terhadap 500 pelaku atau pemilik UMKM di Indonesia yang menggunakan digital marketing melalui saluran media sosial sebagai alat pemasarnya (Instagram, Facebook dan Twitter). Secara umum tulisan ini berkontribusi pada literatur TAM dimana seluruh pengujian mendukung teori TAM. Lebih lanjut, jika dilihat dari sudut padang praktis, UMKM perlu memiliki orientasi kewirausahaan yang tinggi. Orientasi kewirausahaan yang semakin tinggi dapat meningkatkan kemampuan UMKM dalam memasarkan produknya menuju kinerja usaha yang lebih baik. Oleh sebab itu, UMKM harus berorientasi kepada kewirausahaan supaya selalu menghasilkan produk-produk baru yang inovatif dan memiliki keberanian untuk menghadapi risiko. Kemudian pemerintah khususnya didaerah sebagai stabilisator dapat memberikan dukungan kepada UMKM di daerahnya untuk menumbuhkan iklim usaha yang stabil dengan cara berbagai bantuan modal untuk para pelaku UMKM. Dengan adanya bantuan modal, UMKM dapat memiliki stabilitas iklim dalam usahanya.
Buku ini dapat diakses melalui laman Perpusnas dengan link: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=978-623-512-043-0&searchCat=ISBN
dan laman Media Sains Indonesia dengan link: https://store.medsan.co.id/detail/978-623-512-043-0-orientasi-kewirausahaan-dan-kebijakan-pemerintah-dalam-mempengaruhi-pemasaran-digital-pada-kinerja-umkmdiindonesia